5 Texteditor Terbaik

Maret 10, 2018 deifa satrio 2 Comments



Hay hay, gimana kabar nya kawan ? sehat kan ?
Melanjutkan 2 artikel yang telah saya posting, di kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa aplikasi text editor yang pernah saya coba. OK, sebelum kita lebih jauh melangkah ke materi, sebenarnya apasih text editor itu sendiri ??? ada yang tau ?? hehehehe. Aplikasi text editor adalah suatu aplikasi yang memang di buat untuk menulis kode program, bukan hanya programmer tapi juga web designer pun juga menggunakan nya untuk membuat halaman yang dia design.

Nah dengan perkembangan jaman yang semakin cepat ini banyak sekali kemajuan di bidan TI, oleh karena itu secara tidak langsung para developer text editor ini seakan akan bersaing membuat aplikasi text editor yang ringan, efisien dan global. Dari banyak nya text editor yang saya pernah pakai saya merasa bahwa list di bawah ini adalah text editor yang paling mantab jiwa menurut saya. Jadi bila kawan masih bingung dengan text editor apa yang anda akan gunakan, Saya sarankan anda coba list aplikasi text editor di bawah ini :

1. Sublime Text
Sublime Text adalah salah satu teks editor terbaik menurut saya,karena saya Web Developer, user interface sederhana dan kinerja luar biasa. Sublime text tersedia juga versi gratis dan juga sublime text memiliki fitur-fitur yang menarik juga seperti split editing, customize anything, command pallete dan lain-lain Saya kira kawan-kawan wajib coba.

Link Download: https://www.sublimetext.com

2. Atom
Pertama kali saya atom saat saya sedang PSG, di karenakan wajib menggunakan Ubuntu saya agak kebingunggan dan akhir nya saya bertemu aplikasi Atom ini. memiliki lisensi open source dan tersedia untuk platform OS X, Linux, dan Windows kelebihan atom ini adalah bersifat modular, jadi kamu bisa menginstal plugins tambahan. Atom ini saya kira mirip dengan Sublime, walaupun lebih berat atom sih. tapi boleh di coba kawan :

Link Download: https://atom.io/


3. Notepad++
Notepad++ adalah text editor terbaik yang berjalan di sistem operasi Windows yang didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas. Notepad++ mendukung banyak bahasa, di antaranya Assembly, C, C++, C#, CSS, HTML, Java, Javascript, Pascal, Perl, PHP, Python, Ruby, Shell, SQL, VB, XML, dan lainnya.

Notepad++ memiliki banyak kelebihan, seperti memiliki GUI yang baik dan menarik. Selain itu, Notepad++ juga dapat ditambahkan berbagai plugin yang bisa mempermudah pekerjaan programmer.

Link Download : https://notepad-plus-plus.org/download/v7.5.5.html

4. Brackets
yah walau yang satu ini saya kurang suka, tapi mungkin kawan-kawan harus coba deh Brackets, Brackets adalah text editor yang secara khusus dikembangkan untuk tujuan web design dan front-end development. Project Brackets ini diusung oleh Adobe secara open source dan dikembangkan secara aktif oleh komunitas web developer.

Link Download: http://brackets.io/

5. Geany
Sejatinya Geany dikembangkan dikembangkan untuk platform UNIX, namun versi Windows juga tetap tersedia hanya saja memang untuk versi Windows tidak memiliki fitur selengkap versi UNIX nya. Walaupun begitu Geany tetap menjadi rekomendasi dari saya karena bagi kawan yang ingin memuali pemrogramman di OS selain windows, Geany sangat lah cocok. Ringan, UI yang bagus dan lain lain.

Link Download : https://www.geany.org/Download/Releases


Nah berikut tadi adalah aplikasi-aplikasi text editor yang pernah saya coba langsung dan saya rekomendasikan, kalo kawan-kawan punya rekomendasi aplikasi text editor yang lebih mantab jiwa silahkan isi di kolom komentar.
Semoga bermanfaat dan happy code kawan.

2 komentar: