Database Pertamaku

Maret 18, 2018 deifa satrio 0 Comments


Hay hay kawan bagaimana kabarnya ? sehat kan, dan pasti masih semangat kan ?.
Kali ini saya akan melanjutkan topik tutorial yang kemarin yaitu Halaman HTML Pertamaku, nah kali ini sebelum kita membuild web yang sebenarnya mari kita belajar tentang localhost/phpmyadmin. Secara gambaran besar Phpmyadmin adalah adalah perangkat lunak berbasis web yang berguna untuk menangani administrasi MySQL. Sampek sini bingung ya ? hehehe, bagus lah nak bingung berati kawan-kawan masih serius.

Ok, dari pada saya menjelaskan panjang kali lebar tambah sisi miring, mending langsung praktek. Sebelumnya pastikan kawan-kawan telah menginstall XAMPP, kalo belum cek artikel saya yang ini : Insatallasi Xampp.

XAMPP udah, bingung juga udah, penasaran juga sudah, sekarang kita praktek langsung. Ikuti langkah-langkah di bawah ini :

1. Nyalakan Apache dan MySQL di aplikasi XAMPP.




2. Buka browser kemudian ketikan "localhost/phpmyadmin".



3. Jika berhasil maka akan tampil gambar seperti berikut.


4. Setelah ini buat database dengan mengklik button new database lalu beri nama db_belajar.

5. Kemudian buat tabel tb_buku di dalam database db_belajar seperti berikut.

kemudian buat field nya seperti berikut. oh iya Field adalah kumpulan dari karakter yang membentuk satu arti, maka jika terdapat field misalnya seperti NomerBarang atau NamaBarang, maka yang dipaparkan dalam field tersebut harus yang berkaitan dengan nomer barang dan nama barang. Atau definisi field yang lainnya yaitu tempat atau kolom yang terdapat dalam suatu tabel untuk mengisikan nama-nama (data) field yang akan di isikan.

 


ok database siap, kalo kawan-kawan bertanya-tanya kenapa kog tutorial nya membahas sedikit sekali setiap artikelnya. itu karena jujur saya sendiri ya menyempat-nyempat kan, ke-2 saya pengen kawan-kawan tidak terlalu tergesa-gesa. supaya lebih paham lagi, OK ?

Oh iya kawan, untuk artikel selanjutnya saya akan beri kategori berbeda yaitu CodeIgniter, tenang aja
artikel yang ada di kategori CodeIgniter adalah lanjutan dari artikel-artikel di kategori Belajar Pemrograman.Saya kira cukup untuk artikel kali ini, kalo ada penjelasan yang kurang jelas silahkan temen-temen coret-coret panel komentar di bawah ini. Sampai ketemu di artikel selanjutnya dan selamat belajar.


0 komentar: